Rabu, 23 Oktober 2013

Tantangan, Hambatan, Kekurangan, Kelebihan e-Businnes di Indonesia

a). Tantangan
1. Otentikasi user dan belum tersedianya public key infrastructure.
2. Akses Internet yang relatif lambat.
3. Permasalahan hukum/legalitas, penipuan, kepercayaan, dan resiko keamanan.
4. Model bisnis.
5. Budaya serta masalah organisasi.

b). Hambatan
1. Keamanan dan privasi seringkali mencegah pelanggan untuk membeli.
2. Masyarakat belum merasa aman dengan transaksi tidak langsung (faceless).
3. Kurangnya kepercayaan dan penjual yang tidak dikenal.
4. Beberapa pelanggan ingin melihat langsung barang yang akan dibeli.
5. Ketidakpercayaan terhadap Internet.
6. Kurang memenuhi standar kualitas, keamanan, dan kehandalan.
7. Bandwidth untuk komunikasi tidak cukup dan infrastruktur yang kurang memadai.


c). Kekurangan
1. Pembajakan kartu kredit.
2. Stock exchange fraud dan banking fraud.
3. Akses ilegal ke system informasi.
4. Perusakan website(Hacking) sampai dengan pencurian data.
5. Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan.
6. Ketidaktepatan waktu pengiriman barang.
7. Belum memiliki perangkat hukum dalam perkembangan e-Commerce.
8. No cash payment dan isu security.
9. Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya.

d). Kelebihan
1. Revenue stream baru.
2. Market exposure.
3. Menurunkan biaya.
4. Melebarkan jangkauan.
5. Memperpendek waktu product cycle.
6. Meningkatkan customer loyality.

7. Meningkatkan value chain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar